Undangan Basa Jawa, Pernikahan Bahasa Jawa

Posted on January 1, 2013 by

Mungkin anda jarang menemukan sebuah undangan pernikahan bahasa Jawa di masa perkembangan jaman seperti sekarang ini. Padahal, bahasa Jawa adalah bahasa sastra yang unik, apalagi bila itu digunakan di undangan, terutama undangan pernikahan. Akan ada banyak sisi keunikannya yang kita temukan. Selain sebagai simbol kebudayaan, bahasa Jawa digunakan untuk komunikasi sehari-hari bagi orang yang mempunyai bahasa ibu dengan bahasa Jawa. Oleh sebab itu masih ada sebagian orang yang melangsungkan pernikahan dengan menggunakan bahasa Jawa di dalam undangannya.

undangan pernikahan bahasa jawa

undangan pernikahan bahasa jawa dari situs Dani-Craft

Ada beberapa pendapat bahwa undangan pernikahan bahasa Jawa memiliki kesan kuno dan ketinggalan jaman. Tak sedikit pula orang yang mempertimbangkan bahasa Jawa untuk mereka gunakan di undangan pernikahan mereka. Perubahan jaman kadang bukan menjadi pengaruh bagi para calon pengantin yang menjunjung tinggi adat kebudayaan Jawa. Mereka bangga dan ingin selalu melestarikan bahasa Jawa yang terkenal dengan sisi keunikannya. Jika anda kurang percaya, mari kita cermati beberapa sisi kunikan yang dimiliki oleh bahasa Jawa itu sendiri, apalagi jika digunakan dan dicetak didalam undangan pernikahan.

Sisi Unik Undangan Pernikahan Bahasa Jawa

Tahukah anda betapa banyak keunikan yang akan anda temui dalam undangan pernikahan bahasa Jawa. Selain dari kata dan bahasa yang cenderung bersifat sastra dengan menggunakan kata-kata halus atau lebih dikenal dengan Krama Inggil yang menambah nilai keunikannya. Keunikan lain tercermin pada adat dan konsep yang dimiliki. Biasanya undangan tersebut terlihat unik dengan kesan kolosal dan warna yang sederhana serta variasi bentuk undangan yang berbeda-beda. Ada beberapa undangan yang dirancang menyerupai kertas kayu, undangan dibungkus dengan bambu, ditulis diatas kertas bermotif batik, dan masih banyak lagi konsep unik undangan pernikahan bahasa Jawa sebagaimana yang diproduksi situs Dani-Craft.

Seiring berkembangnya jaman, sekarang undangan pernikahan bahasa Jawa menggunakan konsep yang semakin bervariasi dengan pemilihan corak dan warna cerah dengan paduan warna lain yang serasi yang tak luput dari kesan Jawa itu sendiri. Undangan pun tak lepas dari ornamen khas Jawa seperti sisipan aksara Jawa di dalam undangan, hiasan seperti batik, peninggalan dan benda khas Jawa. Tak ketinggalan pula dedaunan kering yang kadang menghiasi sampul atau isi undangan pernikahan bahasa Jawa. Anda bisa menilai dan membayangkan sendiri betapa uniknya undangan tersebut. Meskipun terkesan kolosal, tapi undangan tersebut tak kalah akan banyaknya keunikan yang dimiliki.

Pilih Undangan Pernikahan Bahasa Jawa Sebagai Undangan Pernikahan Anda

Karena banyaknya sisi unik yang ditawarkan oleh bahasa Jawa yang dapat digunakan dan dicetak untuk melengkapi undangan pernikahan, anda bisa mempertimbangkan undangan tersebut sebagai undangan pernikahan anda. Pastinya anda ingin membuat orang lain kagum dan terkesan dengan anda bukan? Apalagi ketika melihat dan menerima undangan unik yang anda kirimkan untuk mereka. Pastinya anda akan merasa bangga dan senang membuat tamu anda terkesima dengan konsep dan variasi undangan pernikahan bahasa Jawa.

Comments are closed.